5 Tips Aman Naik Motor di Musim Hujan, Dari cara kenakan pakaian sampai cara berkendara

Akhir minggu yaitu saat yang pas untuk memuaskan jiwa muda dengan naik motor. Tidak ada salahnya membesut kuda besi yang paling disayangi ke luar kota untuk nikmati jalanan yang eksotis, hawa yang fresh, dan panorama yang indah.

Tetapi, sudah pasti keselamatan berkendara yaitu nilai paling utama. Ditambah lagi sekarang ini yaitu musim hujan dimana jalanan mungkin saja licin bahkan juga digenangi. Di bawah ini yaitu tips berkendara aman di musim hujan yang disarikan ascomaxx. com dari beragam sumber dan pembicaraan dengan pakar safety riding.

1. Berusahalah terasa nyaman

Langkahnya yaitu dengan kenakan pakaian riding yang nyaman. Dianjurkan untuk melapisi baju riding di musim kering dengan luaran yang dapat menahan air hujan atau cipratan air dari ban kendaraan lain. Tak dianjurkan untuk segera menggunakan jas hujan atau celana hujan tanpa ada jaket dan celana riding ala musim kering, karena umumnya merasa tak nyaman.

Jauhi menggendong ransel atau menyelempangkan tas. Cari cara agar tak ada barang yang membebani badan Anda karena akan mengganggu kenyamanan, bahkan juga dapat mengganggu handling Anda pada si kuda besi.

Diluar itu, pakai sarung tangan, agar jemari tak kedinginan yang dapat mengganggu handling dan konsentrasi.

Untuk hp, pakai mounting hp yang kokoh dan waterproof.

2. Jernihkan pandangan

Pakai sarung tangan yang telapaknya mempunyai manfaat menyeka air dengan baik dari kaca helm. Sudah pasti, terlebih dulu yakinkan helm yang Anda gunakan cukup berkualitas tinggi hingga tak ada sedikit juga air yang rembes kedalam.

3. Yakinkan diri Anda gampang diliat

Dapat lihat seputar yaitu hal bagus, tetapi tidak kalah bagusnya yaitu apabila Anda dapat diliat dengan gampang oleh pemakai jalan yang lain. Pakai baju hujan yang berwarna cerah, bahkan juga tambah baik apabila ada ornament ornamen yang flourecent (memendarkan sinar). selalu menggunakan helm dan sepatu safety waterprof. Pada kondisi hujan dan kabut, hal semacam ini begitu berguna, sebab kendaraan lain akan lihat Anda dari jauh dan mereka dapat lakukan antisipasi awal atas gerakan motor Anda.

4. Berkendara cerdas

Di lintasan basah, kurangi kecepatan agar tak berlangsung aquaplaning yang membahayakan handling. Diluar itu, melindungi jarak dengan kendaraan lain di depan yaitu kewajiban, karena di lintasan hujan Anda butuh jarak pengereman yang lebih panjang. Mengerem mendadak dapat mengakibatkan terjatuh. Walau motor Anda diperlengkapi rem ABS, tetaplah saja beresiko apabila mengerem sangat keras dan mendadak.

Nafsu menyalip kendaraan lain juga baiknya dikurangi di saat lintasan basah atau hujan. Sebab, ada genangan air yang tidak tampak begitu beresiko. Terutama apabila genangan itu ada lubang di bawahnya. Diluar itu, di saat hujan, laju kendaraan lain kadang-kadang tak dapat diperkirakan (mengerem mendadak umpamanya), hingga bila Anda memaksakan menyalip dapat beresiko.

5. Berkendara halus

Grip roda di lintasan basah sangat menyusut di banding di lintasan kering. Kurangi kemiringan motor saat menikung, dan janganlah gerakkan setang dengan cara mendadak.

Tidak lupa, mainkan setang dan gas dengan halus, agar tak berlangsung selip.

Posisi duduk juga baiknya tidaklah terlalu cenderung ke depan, tetapi lebih tegak agar bobot Anda tidaklah terlalu membebani roda depan.

Iklan