Cermati Sepatu High Heel Anda

Sepatu High Heel

Sepatu adalah alat yang wajib digunakan para kaum perempuan, pasalnya sepatu sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan para kaum perempuan. sepatu sudah menjadi gaya hidup sekaligus kebutuhan mereka sehari-hari. tidak heran kalau kaum perempuan selalu memprioritaskan sepatu sebagai bagian dari kehidupan mereka sehari. Bagaimana cara memilh sepatu high heel perempuan :

  • Kenali bagian-bagian sepatu Anda Tubuh (tumit): Jika sepatu yang kaku membuat kaki Anda melepuh, basahi bagian sepatu ini dengan air, lalu gunakan jari-jari Anda untuk melunakkan kulitnya sesuai kontur kaki Anda. Atau, tempelkan plester atau pad di bagian sepatu (biasanya tumit) untuk mengurangi gesekan.
  • Payudara (lengkungan antara hak dan alas sepatu): Yaitu lengkungan bagian dalam sepatu, yang memengaruhi stabilitas Anda. Semakin ke depan lengkungannya, semakin seimbang tubuh Anda.
  • Sol: Penggunaan bahan sepatu yang tepat pada sol sepatu akan mencegah sepatu Anda selip di lantai yang licin. Pilih sepatu dengan pelindung sol sepatu, atau bentuk sol pada hak dengan kunci untuk menciptakan daya tarik ekstra.
  • oe Box (alas pada bagian jari): Jika jari-jari kaki Anda terasa seperti dicubit, atau terjepit, Anda perlu meregangkan alas di bagian jari ini di tempat servis sepatu.
  • Interior: Jika lengkungan yang rendah membuat kaki Anda sakit, tambahkan bantalan untuk meringankan tekanan pada bola-bola kaki Anda (bagian telapak kaki yang berada di bawah jari).
  • Bantalan sol penuh: Sol dalam yang meruncing di bagian depan akan membuat jari-jari kaki Anda tidak merasa kesempitan.
  • Pemindah berat badan: Bantalan ini diletakkan di bagian tumit, sehingga memindahkan berat dari bola kaki ke arah belakang, menuju hak sepatu
  • Gel jari kaki: Bantalan ini memberikan dukungan pada bola kaki, untuk melindungi area di mana berat badan Anda terpusat.
  • Bantalan open-toe: Sol dalam yang ukurannya lebih pendek, namun menyediakan peredam hentakan yang sama tanpa terlihat dari sepatu Anda yang terbuka di bagian depannya.
  • Dukungan telapak kaki: Jika lengkungan telapak kaki Anda rendah, atau membutuhkan pengganjal, bantalan ini akan membantu meringankan tekanan pada bola kaki.
  • Bantalan hak sepatu: Bantalan ini membantu kaki agar tidak selip di dalam sepatu.

Perlu anda ketahui bahwa bahan sepatu juga mempengaruhi perawatan sepatu itu sendiri. Bahan sepatu berbeda-beda, contohnya ada bahan sepatu suede dan ada juga bahan sepatu kulit. bahan sepatu kulit biasanya digunakan untuk sepatu safety yang biasa digunakan untuk pekerja. banyak penjual sepatu dengan bahan kulit asli. di jakarta sendiri banyak yang jual sepatu safety online di jakarta, anda juga dapat menemukan berbagai macam toko online sepatu safety di internet.

Tips Memilih sepatu High Heels

  • Ukuran. Pastikan ukuran high heels benar-benar pas saat dipakai, tidak kekecilan ataupun kebesaran. Sepatu yang kekecilan ataupun kebesaran akan membuat kulit kaki tergesek-gesek dan menjadi pecah-pecah. Carilah sepatu yang ukurannya pas dan cukup untuk membiarkan jari Anda bergerak bebas. Meski ini terlihat sepele, tapi cobalah untuk mengingat, berapa banyak sepatu berhak tinggi yang Anda miliki di rumah yang jika dikenakan, terdapat jarak di bagian belakang tumit dengan penutup sepatunya? Jika sepatu terlalu besar, tak jarang Anda akan menumpu seluruh badan di bagian depan jari-jari kaki. Carilah sepatu yang bisa memeluk bagian tumit Anda dengan pas, tidak terlalu sempit, tapi juga tidak kebesaran, sehingga bobot tubuh Anda tetap tersangga di bagian belakang.
  • Jangan percaya omongan “nanti juga muat”. Sepatu haruslah langsung nyaman ketika digunakan. Jangan membeli sepatu dengan anggapan bahwa nanti akan muat setelah dipakai beberapa lama.
  • Jari kaki terbuka. Pilihlah high heels dengan model jari-jari kaki yang terbuka untuk meringankan tekanan. Menurut dr. Evans, sepatu berhak tinggi yang tak memiliki bagian terbuka di belakang dan tanpa tali cenderung menimbulkan masalah dibandingkan sepatu berhak tinggi model lainnya.
  • Hak tebal. Sebaiknya pilih high heels dengan hak tebal karena lebih aman dibandingkan yang runcing. Hak tebal dapat menopang seluruh tubuh dengan seimbang. Hak sepatu yang tebal bisa memberikan Anda kestabilan lebih baik, bahkan membantu mengurangi tekanan karena membantu menyebarkan berat tubuh yang tertopang di bagian tersebut lebih luas. Mengganti hak tinggi sesekali dengan sepatu datar akan membantu mengurangi beban otot tendon achilles pada betis.
  • Kulit lembut. Bahan dan model sepatu berpengaruh penting dalam hal kenyamanan. Pilih sepatu dengan bahan yang bisa ‘bernapas’ dan tidak kaku, misalnya kulit.
  • Malam hari. Beli high heels di waktu malam. Pasalnya, pada sore atau malam hari, kaki akan melebar akibat dari pemakaian seharian.
  • Jangan ambil risiko. Jika high heels yang Anda coba terasa kaku, jangan mengambil risiko dengan membelinya karena yakin sepatu tersebut lama-lama akan lentur dan nyaman. Hal ini akan menyebabkan kaki Anda sengsara.
  • Rutin periksa. Bukan hanya kesehatan yang perlu rutin diperiksa, ukuran sepatu pun perlu check up setiap dua tahun sekali karena, semakin hari, kaki akan bertambah panjang atau lebar.
  • Bantalan. Tak sedikit produsen sepatu yang kurang memperhatikan masalah ini. Banyak sepatu yang terlihat cantik, tapi ketika dikenakan, akan membuat bola kaki terasa sakit. Untuk mengatasinya, Anda bisa mencoba membeli bantalan khusus untuk sepatu yang kini sudah ada banyak di pasaran. Ada pula yang khusus untuk sepatu hak tinggi, bentuknya seperti gel, untuk ditaruh di bagian bola kaki.

Fungsinya untuk meredam tumpuan tubuh agar tidak membuat kulit kaki Anda kapalan atau lecet.

  • Sudut kemiringan Perhatikan sudut kemiringan sepatu akibat tinggi hak sepatunya. Untuk sepatu yang tinggi haknya hingga 10 cm bagian yang terlepak di bawah telapak mungkin masih bisa menopang. Tapi, jika lebih dari itu, maka kaki akan terlalu menjinjit, dan ini tidak baik jika Anda harus mengenakan sepatu tersebut dalam waktu terlalu lama.
  • Jika Anda selalu mengeluh adanya rasa sakit di ujung jari-jari kaki saat mengenakan sepatu hak tinggi yang tertutup, mungkin sudah saatnya Anda berinvestasi pada sepatu dengan ujung terbuka untuk mengurangi tekanan pada daerah ujung depan kaki. Kenakan sepatu yang bagian depannya terbuka untuk mengurangi tekanan pada kaki, sekaligus mencegah kuku kaki terjepit, juga kaki kapalan.
    Sepatu High Heels Yang Berbahaya
  • Platform wedge Sepatu sol tebal ini memang populer lagi sekarang, namun tergolong sol yang berbahaya karena platform yang lebar tersebut tidak memberikan fleksibilitas pada bagian kaki. Cidera yang paling sering dialami penggunanya menyebabkan kondisi “ballet break”. Hal itu terjadi ketika Anda tergelincir ke sisi samping kaki, sehingga menimbulkan fraktur stres. Agar bisa jalan-jalan di mall dalam waktu lama tanpa terasa capai, pilih saja sepatu dengan dukungan lebih pada bagian tumit sehingga Anda tidak akan berisiko mengalami keseleo pada pergelangan kaki. Mengurangi tinggi hak sepatu akan membantu meminimalkan jarak dari posisi kaki berdiri tegak dengan ketika jatuh.
  • Pencil heels Hak yang setipis ini merupakan salah satunya, dan sangat berbahaya karena orang tidak memiliki naluri keseimbangan saat berdiri di atas hak tersebut. Lagipula, hak yang sangat tipis akan mendesak tendon achilles, sehingga menyebabkan masalah pada kaki, sekaligus punggung dan lutut. Hak yang lebih tebal tidak akan begitu menekan pada jari-hjari kaki, sehingga memungkinkan lebih banyak keseimbangan. .
  • Hak di atas 7,5 cm Hak sepatu di atas 7,5 cm kerap menyebabkan cidera, saat digunakan untuk menari atau berjalan terlalu lama. Semakin tinggi haknya, artinya semakin kurang keseimbangannya. Ketika tergelincir, pergelangan kaki akan cidera dan mengakibatkan retakan atau robekan pada jaringan pengikat sendi. Bahkan, ada pula orang yang mengalami patah tulang gara-gara hak sepatu. Cidera paling parah yang saya tangani adalah seorang wanita yang pergelangan dan kakinya patah dalam tiga tempat yang berbeda setelah ia menari dengan sepatu tersebut. Berbagai department store saat ini menyediakan beragam model sepatu datar yang trendi. Untuk jalan-jalan, kenakan saja sepatu jenis ini. Sepatu model ballet shoes juga mudah dilipat dan dibawa ke dalam tas, sehingga jika sepatu hak tinggi yang Anda kenakan mulai terasa melelahkan, Anda bisa menggantinya dengan sepatu datar.
Iklan