Macam-Macam Kulit Bahan Sepatu

Kebanyakan sepatu berkualitas tinggi dijual saat ini masih terbuat dari kulit dan telah digunakan selama berabad-abad. Kulit merupakan bahan pilihan yang bagus karena daya tahan dan fleksibilitasnya. Berikut rincian kulit sepatu pria yang paling umum, mulai dari santai ke formal:

A. Roughout
Kulit roughout memiliki sisi daging kasar kulit pada bagian luar sepatu. Permukaan lembut dan memiliki tekstur yang super neppy tapi masih tebal dan cukup tahan lama. Roughout adalah favorit untuk sepatu tempur Korps Marinir dalam Perang Dunia II.

B. Pulp-Up
Pulp-up mencakup petak yang luas dari lilin berat dan diminyaki kulit seperti anilin dan chrome yang warnanya mencerahkan ketika Anda memegang dan “pull-up” pada kulitnya. Hal ini memungkinkan kulit untuk terkena goresan namun tetap relatif bebas perawatan. Jenis pull-up asli adalah Horween Chromexcel, yang telah menjadi sepatu favorit dan boot kerja santai sejak diperkenalkan pada tahun 1920-an.

C. Chamois
Kulit Chamois atau “shammy” dikenal karena kelembutannya, dan serap air. Ini telah membuatnya menjadi bahan umum untuk kain polishing. Namun dalam sepatu, kecenderungan untuk kelembaban biasanya diimbangi dengan dosis lilin berat dan minyak. Hal ini membuat chamois pilihan yang berat untuk digunakan.

D. Suede
Suede menggunakan sisi daging kulit kasar diluar tapi kulit telah digosok dan diampelas bahkan membuat tekstur suede menjadi tipis dan lentur. Kata suede harfiah berasal dari Perancis “Gants des suede”, yang berarti sarung tangan Swedia. Pabrik sepatu safety Indonesia yang beroperasi diwilayah bogor sebagian model sepatunya ada yang menggunakan suede ini.

E. Scotch Grain
Dikenal juga sebagai Pebble Grain, kulit Scotch Grain dikembangkan di Skotlandia. Old Skotlandia merintis proses texturizing dengan barley dari barel wiski tua yang akan menyusut sampai kulit untuk membuat tanda tangan seperti diadu badak. Saat ini pola umumnya timbul melalui kulit anak sapi yang lebih tua. Scotch Grain lebih tahan dari kulit lainnya dan telah membuatnya menjadi pilihan umum untuk sepatu English kasual.

F. Shell Cordovan
Shell Cordovan adalah salah satu bahan sepatu paling langka dan paling sulit digunakan di planet ini. Shell dipotong dari kuartal belakang kuda di bagian pori-pori yang begitu padat. Shell Cordovan cukup mahal dan hanya tersedia untuk beberapa warna, yang paling ikonik dari yang Horween burgundy No. 8.

G. Calfskin
Calfskin adalah kulit sapi muda, sehingga tipis dan lentur dengan butir halus yang sebagian besar bebas dari noda tapi masih sangat tahan lama. Kualitas ini membuat kulit anak sapi pilihan populer untuk vellum di abad pertengahan.

H. Patent Leather
Kulit Patent Leather cat tinggi dari kulit sapi dengan kemilau cermin kaca. Proses finishing kulit patent leather diadaptasi dari metode lacquering Jepang pada awal 1800-an untuk membuat eksterior eksterior licin, saat ini umumnya kita menggunakan plastik. Patent adalah bahan sepatu yang paling formal, karena itu biasanya di produksi dalam warna hitam untuk mencocokkan tuksedo Anda.

Iklan