Fakta Sejarah Sepatu

grafik_gif

1. Sepatu yang Berkelas? Atau hanya sepatu yang menunjukkan “kelas” di masyarakat?
Di Mesir Kuno, budak tidak mempunya sepatu atau memakai sandal yang terbuat dari daun kelapa. The Commoner mengenakan sandal yang terbuat dari papirus. Mereka yang memiliki status yang lebih tinggi diizinkan untuk memakai sandal runcing. Warna merah dan kuning yang disediakan untuk masyarakat tertinggi saja. Ini akan memudahkan untuk melihat status masyarakat hanya dengan melihat sepatu yang mereka kenakan.

2. Pernah dengar istilah “dua kaki kiri”?
Tidak sampai 1818, sepatu kanan mulai diciptakan. Sampai saat itu, tidak ada perbedaan antara sepatu yang dibuat untuk kaki kiri atau kanan. Pasangan pertama sepatu kaki kanan dan kiri dibuat di Philadelphia. Jelas, sepatu tidak dibuat untuk kenyamanan sampai saat ini.

3. Sepatu Kayu
Sepatu kayu yang sering disebut sebagai bakiak dipanggil klompens oleh Belanda. Karena Belanda sebagian besar di bawah permukaan laut, ada banyak daerah berawa. Belanda menemukan bahwa sepatu kulit akan basah dan mudah rusak, itulah sebabnya mereka merancang bakiak sebelum adanya sepatu safety kulit. Masih tradisi populer untuk memakai sepatu ini, namun sepatu kayu tidak pernah dipakai di dalam ruangan. Semua sepatu kayu berbaris di luar ruangan dan hanya stocking yang diperbolehkan dalam rumah.

4. Museum Sepatu
Satu-satunya museum sepatu di Amerika Utara terletak di Toronto, Ontario. Museum ini menampilkan sepatu mencakup lebih dari 4.500 tahun.

5. Beberapa Sepatu dapat berbahaya bila digunakan
Selama abad ke-16, wanita aristokrat mulai memakai sepatu yang sangat tinggi. Heels pada beberapa sepatu ini begitu tinggi sampai perempuan membutuhkan bantuan untuk membantu mereka berjalan.

6. Sepatu Pernikahan
Beberapa tradisi aneh pernikahan dan sepatu:

⦁ Di Cina, salah satu sepatu pengantin wanita dilempar dari atap. Sepatu harus berwarna merah dan ini memberikan keberuntungan yang baik dalam pernikahan.
⦁ Pada Abad Pertengahan, ayah dan pengantin pria akan memiliki upacara sepatu. Sang ayah kemudian akan memberikan otoritas manusia atas putrinya. Di pernikahan, pengantin wanita akan menempatkan sepatu untuk menunjukkan dia sekarang milik mempelai pria.

7. Sepatu yang paling mahal
Beberapa orang akan membayar banyak uang untuk memiliki sepasang sepatu yang mereka inginkan. Sepasangan sepatu paling mahal dijual seharga $ 660.000 $. Mereka adalah Ruby Slippers, dipakai oleh Judy Garland dalam Wizard of Oz. Sandal ruby yang dijual di lelang pada tanggal 2 Juni 2000.

Iklan